Rabu, 13 Mei 2015

Hidup Bersih Dengan Membuang Sampah Pada Tempatnya

            Sejak zaman dahulu kala,mulai dari berkembangnya banyak  negara di muka bumi,terjadilah perubahan yang tidak diinginkan. Perubahan tersebut adalah banyaknya sampah yang terbuat dari plastik yang ditemukan diberbagai macam tempat yang seharusnya tidak layak untuk dilihat.
Dampak dari sampah tersebut adalah, tidak nyamannya kita sebagai manusia yang menghuni lingkungan ini, banyaknya sumber penyakit yang disebabkan oleh sampah, sering terjadi banjir karna membuang sampah bukan pada tempatnya. Hal demikian haruslah dirubah mulai dari sekarang, karna semakin lama, sampah tersebut semakin banyak dan menumpuk, yang memungkinkan terjadinya hal yang lebih buruk dari apa yang kita bayangkan.
Apakah yang akan kita lakukan jika orang-orang disekitar kita membuah sampah sembarangan, dan apa tindakan kita jika hal tersebut dilakukan bukan hanya sesekali,melainkan sering kali dan bahkan hampir di setiap hari. Sebagai manusia normal, jika kita berfikiran sehat dan positif, apa saja dapat dilakukan dan di selesaikan jika kita mau memulai membuang sampah pada tempat yang telah disediakan dari diri sendiri, kemudian mengaplikasikannya terus menerus, hal tersebut sudah benar dan tampak serius. Kita juga bisa mengajak orang-orang di sekeliling kita untuk membuang sampah pada tempatnya. Jika terjadi ketidaksinambungan tentang hal tersebut, itu bukanlah menjadi tanggung jawab kita lagi untuk menyelesaikannnya.
Pemerintah pun sudah menegaskan dan telah memiliki aturan tersendiri untuk mengatasi masalah yang namanya sampah. Pada saat ini papan aturan dan papan pengumuman dilarang membuang sampah sembarangan telah banyak terpasang di tempat-tempat umum seperti di pasar, di terminal bus, stasiun kereta api dan tempat lainnya.
Berikut ini ada beberapa tips untuk memulai hidup bersih tanpa sampah diantaranya yaitu :
  1. Jika kita mengkonsumsi makanan ataupun sejenis lainnya yang menggunakan bungkus plastik, jangan membuang sampahnya di sembarang tempat. Jika tidak melihat tempat sampah untuk membuangnya, pegang saja dulu, kemudian cari tempat sampah terdekat lainnya yang memungkinkan untuk tempat pembuangan sampah.
  2. Jika di dalam suatu perkumpulan, kampung, sekolah, institusi lainnya, adakanlah sesekali gotoroyong bersama untuk bersih-bersih,agar lingkungan di sekitar kita tidak ada lagi sampah berserakan, dan kenyamanan pun terwujud.
  3. Jika kita tinggal di suatu perumahan, biasanya tempat sampah sudah di sediakan, di sekitar perumahan tersebut, maka buanglah sampah pada tempat tersebut.
  4. Jangan membuang sampah ke sungai.


Come on, save the world



Tidak ada komentar:

Posting Komentar