Rabu, 29 April 2015

Rumput Banto

Rumput banto atau bahasa latinnya Gulma Leersia hexandra mempunyai umbi yang sangat berkhasiat. Khasiat dari umbi rumput banto saya ketahui dari orang tua saya sendiri. Ternyata umbi rumput banto sudah digunakan sebagai bedak dari zaman dahulu kala (pokoknya dah lama banget tapi tepatnya saya nggak tau). 

Bedak dari umbi rumput banto bisa mengencangkan dan mencerahkan wajah secara alami. Membuat bedak dari umbi ini sangatlah mudah.
Yang pertama dilakukan adalah mencari rumput banto (hehehehehe, ya iyalah masa turun dari langit kecuali punya om jin), biasanya rumput ini hidup dihalaman rumah, di pinggir jalan dan masih banyak tempat lain yg bisa ditumbuhinya (kecuali hatiku dan hatimu :v) atau sahabat bisa cari informasi tentang rumput banto dengan mbah saya [google.com].
Setelah sahabat menemukan rumput ini, saatnya beraksi untuk mengambil umbinya dan yang harus sahabat ingat bahwa umbi rumput banto selalu tertanam di bawah tanah dan umbinya tidak pernah tumbuh di luar tanah (hehehe). Sekarang ambil umbi rumput bantu satu genggaman tangan dan cucilah dengan air yang bersih (kalau bisa air yang mengalir karena air yang mengalir sangatlah bagus untuk urusan cuci mencuci). Umbi yang telah bersih dari tanah dan kotoron lain yang menempel sekarang sudah waktunya untuk kita keringkan dengan cara menjemur dibawah sinar matahari sampai kering kerontang (hahaha, teri aja nggak ampe segitu dikeringin; pokoknya sampe kulitnya kering dari air aja dah).
Mumpung masih punya waktu sampe umbi rumput banto kering, bagusnya sahabat siapkan bahan yang kedua. Sahabat, bahan yang kedua ini sangat mudah sekali ditemukan yaitu beras. Tapi tunggu dulu sahabat, saya sarankan sahabat jangan pake beras raskin. Beras raskin yaitu beras yang diberikan pemerintah untuk warga kurang mampu. Tentunya ada alasan kenapa tidak disarankan pakai beras itu karena beras raskin yang diberikan pemerintah benar-benar beras yang cocok dimakan ayam alias tidak bisa dikonsumsi manusia (saya tahu dari internet dan nonton berita), saya takut kalau sahabat menggunakan beras tersebut bukan mukanya jadi bagus tapi malah jadi monster (hehehhe, tumbuh benjolan-benjolan di wajah). Beras yang dibutuhkan tidak banyak hanya satu genggaman tangan sama halnya dengan umbi rumput banto, cucilah beras tersebut dengan air yang bersih juga.
Gabungkanlah beras yang telah dicuci bersih serta rumput banto yang sudah kering tersebut didalam ulekan dan tinggal dihaluskan (bener-bener halus ya). Waktunya pun sampai untuk membuat bola-bola kecil dari semua beras dan umbi yang telah halus (kurang lebih buat sebesar kacang atom ya sahabat). Susun bola-bola kecil tersebut di atas kertas polos atau kertas koran juga bisa dan jemurlah bola-bola kecil tersebut sampai kering. Bola-bola kecilpun akhirnya kering sekarang sahabat boleh langsung aplikasikan ke wajah sesuai selera.Selamat mencoba sahabat J

1 komentar: