Selasa, 28 April 2015

Kesehatan Jantung

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Menjaga kesehatan bisa dikatakan sulit, bisa dikatakan mudah dan itu tergantung dari pada masing-masing kita. Dalam tubuh terdapat berbagai macam organ yang intim yang apabila salah satunya itu rusak, maka kondisi tubuh akan terganggu dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Tau kah sobat bagian dalam tubuh yang sangat vital adalah jantung.


            Jantung merupakan bagian tubuh yang bertugas memompa darah keseluruh tubuh.
Tanpa jantung , manusia tidak akan dapat hidup dimuka bumi ini. Penyakit jantung dapat disebabkan oleh cara hidup seseorang dan ada yang memang bawaan sejak lahir. Berikut ini ada beberapa point penting mengenai kesehatan jantung, diantaranya:

  1. Hal yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung
a.      Kurang tidur
Tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Detak jantung akan mengalami penurunan dan peningkatan  apabila kondisi tubuh tidak stabil.
b.      Merokok
Rokok adalah hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Asap rokok yang singgah pada jantung dapat mengurangi kinerja pemompa darah yang menyebabkan aliran darah tidak normal dan akan mengakibatkan  gangguan pada jantung.
c.       Tekanan darah tinggi
Orang yang mengidap penyakit darah tinggi sering melontarkan emosi yang tidak terkontrol yang dapat mengakibatkan serangan jantung secara tiba-tiba.
d.      Makanan
Pada dasarnya makanan yang biasa disebut bisa menyebabkan sakit jantung  tidaklah mempengaruhi kesehatan jantung kalau di konsumsi sewajarnya. Tapi kalau di konsumsi secara berlebihan tentu akan menimbulkan berbagai penyakit baik itu dari penyakit yang biasa sampai penyakit yang berakibat fatal. 

  1. Cara mencegah penyakit jantung.
a.              Berolahraga
Dengan berolahraga bukan hanya kesehatan jantung yang terjaga bahkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat terjaga dengan baik.
b.             Mengkonsumsi sayur-sayuran
c.              Memperbanyak minum air putih
Demikianlah beberapa info penting tentang kesehatan jantung. Semoga bermanfaat bagi pembaca.[BA]







3 komentar: